Penanda dan Petanda (Signifier dan Signified) dari Ferdinand de Saussure

Penanda dan Petanda pada Ikan Mas Koki

Saya akan menuliskan Penanda dan Petanda yang pernah saya alami dalam kehidupan saya, sebelum itu kita akan bahas sedikit tentang apa itu Penanda dan Petanda. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda (sign). Dalam ilmu komunikasi “tanda” merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain melalui tanda-tanda. Tanda merupakan kesatuan dari suatu bentuk penanda (signifer) dengan sebuah ide atau petanda (signified). Dengan kata lain, penanda adalah “bunyi yang bermakna” atau “coretan yang bermakna”. Jadi, penanda adalah aspek material dari bahasa : apa yang dikatakan atau didengar dan apa yang ditulis atau dibaca. Sedangkan petanda adalah gambaran mental, pikiran, atau konsep (Bertens, 2001:180, dalam Sobur, 2013:46).

 


Tanda yang akan saya bahas yaitu tentang Ikan mas koki yang terlentang atau terbalik, saya memiliki ikan mas koki yang suka terlentang saat waktu-waktu tertentu. Saya memberi makan ikan mas koki tersebut saat tengah hari dan saat petang atau maghrib, setelah saya beri makan biasanya ada beberapa ikan mas koki saya yang terlentang seperti ikan mati.Petanda nya yaitu ikan mas koki tersebut berenang dengan tidak wajar dengan bagian perutnya diatas atau terbalik dan cenderung diam tidak bergerak.

Realitas eksternal atau makna yang saya ambil dari tanda tersebut yaitu awalnya saya terkejut melihat tingkah ikan mas koki saya, saya mengira ikan itu mati ternyata saat saya sentuh ikan mas koki tersebut masih bergerak dan bisa berenang, hanya saja kesulitan dan kehilangan keseimbangan badan ikan tersebut. Setelah saya amati, sepertinya ikan mas koki tersebut terlalu banyak makan sehingga kekenyangan dan kehilangan keseimbangan dalam berenang yang mengakibatkan ikan itu berenang dalam keadaan terlentang.


Muhammad Iqbal Fauzan Kopa - 202046500324 - R4E


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengkaji Hustle Culture yang dilakukan Pandji Pragiwaksono dalam konten "Work Life Trampoline"

Kajian literatur dalam pembuatan kajian ilmiah